Home > Umum > Pengenalan Algoritma Genetika

Pengenalan Algoritma Genetika

 

 



Algoritma genetika adalah pencarian terkomputerisasi dan algoritma optimasi berdasarkan mekanika alami genetika dan seleksi alam. Algoritma dimulai dengan sebuah paket solusi yang memungkinkan. Satuan solusi yang mungkin disebut dengan populasi. Setiap solusi yang mungkin dalam populasi juga disebut dengan kromosom. Setiap kromosom ditugaskan dengan nilai fitness berdasarkan fungsi fitness. Solusi dari satu populasi diambil dan biasa membangun populasi baru. Ini adalah motivasi dengan harapan bahwa populasi baru akan menjadi lebih baik daripada yang sebelumnya.

Solusi merupakan hal yang dipilih untuk membangun solusi baru (keturunan), dipilih menurut nilai fitnessnya, banyak kesempatan mereka untuk dapat melakukan reproduksi. Keturunan menggantikan populasi kaum tua dan generasi tercapai. Proses ini diulang sampai kriteria tertentu ditemukan.

Secara umum garis besar dari algoritma genetika dasar yaitu sebagai berikut:

a.    [Awal] menghasilkan populasi acak n kromosom (solusi yang cocok untuk masalah)

b.    [Fitness] menilai nilai fitness f(x dari tiap kromosom x di populasi)

c.    [Populasi Baru] membuat populasi baru dengan mengulang langkah-langkah berikut sampai populasi baru tercapai.

i.      [Pilihan] pilih dua kromosom orang tua dari populasi menurut nilai fitness mereka (makin baik nilai fitness, lebih besar  kesempatan untuk dipilih)

ii.    [Kawin Silang] kawin silang orang tua ke bentuk keturunan baru (keturunan). Kawin silang terjadi dengan kemungkinan tertentu. Jika kawin silang tidak dilakukan, keturunan salinan akan sama dari salah satu orang tua.

iii.  [Mutasi] mengubah tempat sifat keturunan baru (posisi di kromosom dengan kemungkinan tertentu). Jika tidak terjadi mutasi, keturunan langsung hasil kawin silang, atau salinan salah satu dari orang tua.

iv.  [Penerimaan] tempat keturunan baru di populasi baru

d.    [Penggantian] menggunakan populasi baru untuk lebih jauh perjalanan algoritma baru

e.    [Tes] jika akhir kondisi dipuaskan, hentikan, dan kembali ke solusi terbaik diarus populasi

f.     [Pengulangan] menuju ke langkah 2.

Categories: Umum Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

Skip to toolbar